Bisnis Di Bidang IT


Bagi anda yang masih mahasiswa atau bersekolah, berencana ingin membangun bisnis di bidang IT atau Teknologi Informasi, memang kadang tidak mudah untuk memulainya. Sebuah pekerjaan IT memang perlu diawali dengan sebuah portofolio pekerjaan agar produk atau kemampuan anda mulai dipercaya oleh pihak lain. Jika anda ingin mengawali usaha di bidang bisnis Teknologi Informasi (TI), anda dapat memulai usaha IT anda dengan cara-cara yang sederhana. Jika sebelumnya telah diberikan ide bisnis untuk berbagai bidang, berikut ini beberapa ide yang bisa anda kembangkan khusus untuk bidang Teknologi Informasi .

1. Membuat template corporate web
Hal yang paling sederhana adalah anda dapat membuat sebuah template web perusahaan (corporate). Template ini nantinya bisa anda jual berulang-ulang ke beberapa perusahaan dengan harga yang murah. Website ini harus bisa dikustomisasi dengan mudah sehingga bisa menghasilkan bentuk yang berbeda untuk setiap perusahaan. Anda juga tidak perlu membangun dari nol (from skretch), tetapi bisa memanfaatkan generator seperti Wordpress atau Joomla. Kunci dari kesuksesan ide ini adalah seberapa banyak anda mempunyai koneksi/jaringan atau pihak-pihak yang tertarik dengan produk ini. Untuk itu perlu rajin melakukan promosi menggunakan social network seperti facebook atau twitteer. Jika anda telah berhasil mendapatkan satu client, maka masukkan client tersebut ke dalam portofolio anda. Kunci sukses yang kedua adalah anda harus mau membantu sampai mereka bisa publish di internet dengan cara membantu mereka hosting dan memilih domain yang murah tetapi bagus. Biasanya client dari luar negeri yang perlu anda sasar. Karena harga dari Indonesia bisa akan menjadi sangat murah jika dilihat dari pelanggan luar negeri.

2. Membuat template personal web
Ide yang kedua adalah mirip dengan ide yang pertama. Tetapi bedanya adalah pemakaiannya untuk web personal atau web tentang kelompok tertentu. Anda bisa menawarkan produk ini ke teman-teman dekat anda, saudara atau kerabat. Jika sudah berhasil, anda bisa melanjutkan untuk menawarkannya ke orang lain seperti artis, tokoh, group band atau pejabat. Kunci suksesnya adalah bagaimana membuat tampilan yang menarik dan bagaimana bisa menampung berita atau aktivitas personal tersebut. Anda bisa menggandeng orang design grafis untuk membantu membuat tampilan yang menarik.

3. Membuat template toko online
Ide selanjutnya adalah membuat toko online. Mengingat saat ini semakin banyak orang ingin berjualan secara online. Anda bisa membuatkan sebuah toko online yang bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan. Meskipun untuk persaingan tokoonline ini sudah banyak, maka anda harus bisa memberikan kelebihan lain. Misalnya toko online sudah terhubung dengan sistem pembayaran yang mudah. Atau toko online juga langsung terhubung dengan facebook atau twitter untuk mempermudah pemasarannya. Anda bisa menawarkan produk anda ini ke teman-teman yang sedang menjalani

4. Membuat aplikasi penjualan atau point of sales (POS).
Seiring dengan kemajuan jaman, saat ini jumlah pedagang atau penjual semakin banyak. Perusahaan atau toko membutuhkan aplikasi penjualan untuk membantu pencatatan penjualannya. Mengingat beberapa toko tetap masih mengandalkan sistem manual dalam penjualannya. Anda bisa membantu membuatkan aplikasinya karena terkadang setiap toko ingin memiliki aplikasi yang khusus untuk kepentingan mereka masing-masing. Anda dapat menawarkan produk anda ini ke toko-toko yang sering anda kunjungi atau toko-toko yang ada di kota anda. Anda juga perlu melihat kebutuhan spesifik di masing-masing perusahaan atau toko.


  



Previous
Next Post »
0 Komentar